Tugas Softskill Skenario Game

Nama  :KAMELIA

NPM    : 54412020

KELAS  :3IA17

FROZEN TAC TOE

  • Initial State

Game yang saya buat merupakan sebuah game bernama Tic Tac Toe. Game tic-tac-toe merupakan permainan klasik berjenis permainan papan (board-game) dengan papan permainan berukuran bervariasi. Board-game adalah permainan dengan kepingan-kepingan yang ditempatkan di atas, dipindahkan dari atau digerakkan di atas suatu permukaan khusus, permukaan khusus itu disebut papan permainan (Sigiro, 2011). Pada permainan yang saya buat menggunakan papan permainan berukuran 6X6. Kotak-kotak tersebut akan diisi dengan icon yang harus membentuk sebuah garis berupa horizontal, vertical atau diagonal dan terdapat timer (waktu) yang telah ditentukan untuk menyelesaikan permainan.Dalam permainan ini pemain melawan komputer yang telah diberikan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

  • Rules Permainan / Aturan Permainan

Aturan permainan yang digunakan dalam permainan Frozen Tac Toe ini adalah sebagai berikut :

  1. Pemain menempatkan icon Olaf dan computer (AI) menempatkan icon Snowflake.
  2. Pemain dapat giliran jalan terlebih dahulu. Dimana pemain diberi kebebasan untuk menempatkan icon milik nya pada suatu kotak sesuai keinginan.
  3. Setelah pemain menempatkan icon nya, kemudian giliran computer (AI) untuk menempatkan icon nya juga. Begitu seterusnya secara bergantian.
  4. Pemain dan AI berusaha menempatkan icon masing-masing dengan membentuk sebuah garis Horizontal, Vertical atau Diagonal.
  5. Pemain diberikan waktu untuk menyelesaikan permaian sebanyak 120 detik.
  6. Jika pemain berhasil membentuk sebuah garis Horizontal, Vertical atau Diagonal terlebih dahulu sebelum waktu yang telah ditentukan habis, maka pemain dinyatakan memenangkan permainan, sebaliknya jika AI yang berhasil membentuk sebuah garis Horizontal, Vertical atau Diagonal terlebih dahulu sebelum waktu habis, maka pemain dinyatakan kalah dalam permainan tersebut.
  7. Jika waktu habis sebelum pemain atau lawan (computer) berhasil membentuk sebuah garis Horizontal, Vertical atau Diagonal, maka pemain dinyatakan kalah.
  • How to Play / Cara Bermain
  1. Pemain (user) memulai permainan terlebih dahulu dan deberi kebebasan untuk menentukan letak Olaf Frozen pada papan permainan.
  2. Komputer akan memulai setelah pemain (user) memulai terlebih dahulu.Dalam hal ini Komputer disimbolkan sebagai Snow Flake.
  3. Komputer diberi pembelajaran untuk menghalagi jalan user mencapai tujuan (goal).
  4. Komputer juga diberi pembelajaran untuk memenangkan permaianan ini.
  5. Pemain (user) maupun komputer harus membentuk satu garis lurus (vertikal, horizontal, atau diagonal) untuk memenangkan permainan ini).
  • Goals

Goals atau tujuan dari permainan ini adalah menempatkan icon dengan membentuk sebuah garis yaitu Horizontal, Vertical atau Diagonal sebelum waktu yang telah ditentukan habis. Pemain harus mengatur strategi untuk dapat membentuk sebuah garis tersebut terlebih dahulu, karena terdapat lawan (computer) yang telah diberikan keceradasan buatan (Artifical Intelligence/AI) sehingga computer dapat menghalangi jalan pemain untuk membentuk sebuah garis terlebih dahulu. Pemain akan dinyatakan menang dalam permainan jika berhasil menempatkan icon Olaf secara Horizontal, Vertical atau Diagonal terlebih dahulu dan pemain dinyatakan kalah jika lawan (komputer) berhasil menempatkan icon Snowflake secara Horizontal, Vertical atau Diagonal terlebih dahulu, dan dinyatakan seri apabila pemain dan komputer sama-sama tidak menemukan cara untuk memenangi permainan ini.

  • Karakter

Karakter yang terdapat pada permainan ini ada 2, yaitu :

Pemain mendapat icon Olaf  

                     olaf

   AI mendapat icon Snowflake

                     snowflake

  • Konsep AI

Artificial Intelligence (AI) adalah sebuah kecerdasan yang ditunjukan oleh suatu entitas buatan, yakni kecerdasan buatan. Salah satu bidang yang menggunakan kecerdasan buatan adalah game.

Pada game Frozen Tac Toe yang merupakan modify dari game Tic Tac Toe ini terdapat kecerdasan buatan dimana lawan (komputer) dapat menghalangi pergerakan dari pemain (user) untuk memenangkan permainan ini. Peran komputer sebagai lawan tanding tentunya harus didukung dengan kemampuan  yang dimiliki oleh komputer, dengan demikian  algoritma yang diterapkan pada permainan ini bertujuan agar komputer memiliki kemampuan  tanding yang baik.

  • Algoritma Permainan

Pada permainan Frozen Tac Toe ini terdapat sebuah Algoritma yaitu Algoritma Minimax. Algoritma Minimax merupakan algoritma yang populer dalam pembuatan permainan strategi. Algoritma Minimax mampu menganalisis segala kemungkinan posisi permainan untuk menghasilkan keputusan yang terbaik. Dengan Algoritma Minimax ini, pohon solusi akan dibuat dari awal permainan sampai akhir permainan dimana semua kemungkinan kondisi dijadikan simpul dari pohon solusi, sehingga AI tinggal memilih langkah yang akan membawanya ke hasil akhir.

Dengan Algoritma Minimax ini juga AI mampu memprediksi gerakan pemain, sehingga AI dapat berusaha menghalangi pemain untuk dapat mencapai kemenangan. Selain menghalangi pemain untuk mencapai kemenangan, AI pada permainan ini juga sekaligus membuat strategi untuk dapat memenangkan permainan dalam artian untuk mengalahkan pemain.

2 thoughts on “Tugas Softskill Skenario Game

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s